Kemampuan Membaca di SD
Pengertian Membaca di SD
Peserta didik
pada kelas III Sekolah Dasar mampu membaca bukan karena secara kebetulan atau
didorong oleh inspirasi, tetapi karena diajar. Membaca bukanlah kegiatan
alamiah, tetapi seperangkat komponen yang dikuasai dan bertahap. Membaca
merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena membaca
tidak hanya untuk memperoleh informasi,
tetapi berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan bahasa seseorang.
Dalam hal ini William S. Gray (I Gusti Ngurah Oka, 2005:34) “Menekankan bahwa
membaca adalah tidak lain dari pada kegiatan pembaca menerapkan sejumlah
keterampilan mengolah tuturan tertulis (bacaan) yang dibacanya dalam rangka
memahami bacaan”. Kemudian Chaplin (2008:56) mengemukakan bahwa “Membaca adalah
sebagai kegiatan seseorang untuk memperoleh pengetahuan melalui sumber-sumber
tekstual, seperti buku, artikel, koran dan sebagainya, dengan menggunakan mata
atau pandangan sebagai alat utamanya”. Menurut Dessy Anwar (2003:265) membaca
adalah “Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melaksanakan
atau hanya dalam hati”.
Berdasarkan
beberapa pendapat di atas bahwa membaca adalah suatu kegiatan dari pembaca
dalam menerapkan suatu keterampilan mengolah tuturan tulisan atau bacaan yang
dibacanya dalam rangka memahami bacaan untuk dapat memperoleh informasi dan
pengetahuan dengan melalui sumber-sumber tekstual seperti buku, artikel, koran
dan sebagainya.
Rujukan
Chaplin J. P, (2008), Membaca Untuk Mengembangkan Pengetahuan, Jakarta:
Bineka Cipta.
Anwar, Dessy (2003), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru,
Surabaya: Amelia
Oka,
I Gusti Ngurah, Peningkatan Kemampuan
Membaca Cepat, (2005), http://www.id
froms.wordpress.com diakses 03 Maret 2013
No comments:
Post a Comment