Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca
Banyak faktor yang mempengaruhi
kemampuan membaca. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca menurut
Lamb dan Arnold,
(dalam Farida
Rahim, 2006:16 ), yaitu:
a.
Faktor
fisiologis
Faktor
fisiologis mencakup kesehatan fisik, pertimbangan neurologist, dan jenis
kelamin. Kelelahan juga merupakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi anak
untuk belajar, khususnya belajar membaca.
b.
Faktor
intelektual
Secara
umun, intelegensi anak tidak sepunuhnya mempengaruhi berhasil tidaknya anak
dalam membaca. faktor metode mengajar guru, prosedur, dan kemampuan guru juga
turut mempengaruhi kemampuan membaca anak.
c. Faktor
lingkungan
1.
Latar
Belakang dan Pengalaman Anak di Rumah
Lingkungan
dapat membentuk pribadi, sikap, nilai, dan kemampuan bahasa anak. Kondisi di
rumah mempengaruhi pribadi dan penyesuaian diri anak dalam masyarakat. Kondisi
itu pada gilirannya dapat membantu anak, dan juga dapat menghalangi anak
belajar membaca. Anak yang tinggal dalam rumah tangga yang harmonis, rumah yang
penuh dengan cinta kasih, yang orang tuanya memahami anak-anaknya, dan
mempersiapkan mereka dengan rasa harga diri yang tinggi, tidak akan menemukan
kendala yang yang beralti dalam membaca.
2.
Sosial
Ekonomi
Faktor
sosial ekonomi, orang tua, dan lingkungan tetangga merupakan faktor yang
membentuk lingkungan rumah peserta didik. Beberapa penelitian memperlihatkan
bahwa status sosial ekonomi peserta didik mempengaruhi kemampuan verbal peserta
didik. Semakin tinggi status sosial ekonomi peserta didik semakin tinggi
kemampuan verbal peserta didik. Anak-anak yang mendapat contoh bahasa yang baik
dari orang tua dewasa serta orang tua yang berbicara dan mendorong anak-anak
mereka berbicara akan mendukung perkembangan bahasa dan intelegensi anak. Begitu
pula dengan kemampuan membaca anak.
Rujukan
Farida Rahim, 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah
Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
No comments:
Post a Comment