Saturday 23 April 2016

Kemampuan Membaca di SD



Kemampuan Membaca di SD
Pengertian Membaca di SD
Peserta didik pada kelas III Sekolah Dasar mampu membaca bukan karena secara kebetulan atau didorong oleh inspirasi, tetapi karena diajar. Membaca bukanlah kegiatan alamiah, tetapi seperangkat komponen yang dikuasai dan bertahap. Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena membaca tidak hanya untuk memperoleh  informasi, tetapi berfungsi sebagai alat untuk memperluas pengetahuan bahasa seseorang. Dalam hal ini William S. Gray (I Gusti Ngurah Oka, 2005:34) “Menekankan bahwa membaca adalah tidak lain dari pada kegiatan pembaca menerapkan sejumlah keterampilan mengolah tuturan tertulis (bacaan) yang dibacanya dalam rangka memahami bacaan”. Kemudian Chaplin (2008:56) mengemukakan bahwa “Membaca adalah sebagai kegiatan seseorang untuk memperoleh pengetahuan melalui sumber-sumber tekstual, seperti buku, artikel, koran dan sebagainya, dengan menggunakan mata atau pandangan sebagai alat utamanya”. Menurut Dessy Anwar (2003:265) membaca adalah “Melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melaksanakan atau hanya dalam hati”.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas bahwa membaca adalah suatu kegiatan dari pembaca dalam menerapkan suatu keterampilan mengolah tuturan tulisan atau bacaan yang dibacanya dalam rangka memahami bacaan untuk dapat memperoleh informasi dan pengetahuan dengan melalui sumber-sumber tekstual seperti buku, artikel, koran dan sebagainya.

Rujukan

Chaplin J. P, (2008), Membaca Untuk Mengembangkan Pengetahuan, Jakarta: Bineka Cipta.
Anwar, Dessy (2003), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru, Surabaya: Amelia
Oka, I Gusti Ngurah, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat, (2005), http://www.id froms.wordpress.com diakses 03 Maret 2013


No comments:

Post a Comment