Monday 18 April 2016

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca



Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca
Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca menurut Lamb dan Arnold, (dalam Farida Rahim, 2006:16 ), yaitu:
a.    Faktor fisiologis
Faktor fisiologis mencakup kesehatan fisik, pertimbangan neurologist, dan jenis kelamin. Kelelahan juga merupakan kondisi yang tidak menguntungkan bagi anak untuk belajar, khususnya belajar membaca.
b.   Faktor intelektual
Secara umun, intelegensi anak tidak sepunuhnya mempengaruhi berhasil tidaknya anak dalam membaca. faktor metode mengajar guru, prosedur, dan kemampuan guru juga turut mempengaruhi kemampuan membaca anak.
c.  Faktor lingkungan
1.      Latar Belakang dan Pengalaman Anak di Rumah
Lingkungan dapat membentuk pribadi, sikap, nilai, dan kemampuan bahasa anak. Kondisi di rumah mempengaruhi pribadi dan penyesuaian diri anak dalam masyarakat. Kondisi itu pada gilirannya dapat membantu anak, dan juga dapat menghalangi anak belajar membaca. Anak yang tinggal dalam rumah tangga yang harmonis, rumah yang penuh dengan cinta kasih, yang orang tuanya memahami anak-anaknya, dan mempersiapkan mereka dengan rasa harga diri yang tinggi, tidak akan menemukan kendala yang yang beralti dalam membaca.
2.      Sosial Ekonomi
Faktor sosial ekonomi, orang tua, dan lingkungan tetangga merupakan faktor yang membentuk lingkungan rumah peserta didik. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa status sosial ekonomi peserta didik mempengaruhi kemampuan verbal peserta didik. Semakin tinggi status sosial ekonomi peserta didik semakin tinggi kemampuan verbal peserta didik. Anak-anak yang mendapat contoh bahasa yang baik dari orang tua dewasa serta orang tua yang berbicara dan mendorong anak-anak mereka berbicara akan mendukung perkembangan bahasa dan intelegensi anak. Begitu pula dengan kemampuan membaca anak.


Rujukan
Farida Rahim, 2006. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

No comments:

Post a Comment