Sunday 10 April 2016

Bentuk Kelompok



Bentuk Bentuk Kelompok
Terdapat dua jenis atau bentuk kelompok yang dapat ditemukan berdasarkan kebutuhan anggota masing-masing kelompok, kelompok tersebut adalah kelompok primer dan kelompok sekunder.
1.    Kelompok primer
Menurut Cooley (Soekanto, 1986:112-113) dalam Abu Huraerah & Purwanto, “kelompom primer adalah kelompok yang ditandai ciri-ciri kenal-mengenal antara anggota-anggotanya serta kerjasama erat yang bersifat pribadi. Kelompok primer dapat pula di artikan sebagai kelompok-kelompok kecil yang agak permanen dan biasanya berdasarkan saling kenal-mengenal secara pribadi antara sesama anggotanya”. Contoh-contoh kelompok primer misalnya: keluarga, rukun tetangga, kelompok kawan sepermainan di sekolah, kelompok belajar, kelompok agama dan lain sebagainya. Sifat interaksi dalam kelompok–kelompok primer ini bercorak atau bersifat kekeluargaan, dan lebih berdasarkan simpati (Gerungan,1983:90) dalam Abu Huraearah dan Purwanto.
2.      Kelompok sekunder
Menurut Abu Huraerah & Purwanto (2006:11), ”kelompok sekunder adalah kelompok besar yang terdiri dari banyak orang antara siapa hubungannya tak perlu berdasarkan kenal mengenal secara pribadi, dan sifatnya juga tak begitu permanen”. Berdasarkan beberapa paparan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mengacu kepada kelompok primer yakni kelompok belajar di sekolah.

Huraeroh Abu, & Purwanto , 2005. Dinamika Kelompok, Bandung: Refika Aditama.

No comments:

Post a Comment