MOTIVASI
BELAJAR
Pandangan
tentang Belajar Menurut Thorndike
Beberapa teori menjelaskan tentang belajar,
baik yang beraliran behaviorisme, kognitivisme, humanism, maupun sibernetika.
Aliran-aliran teori belajar tersebut sekadar mengarahkan dan memilah jenis
teori belajar mana yang menjadi pijakan melakukan kegiatan belajar.
Thorndike, salah seorang pendiri aliran teori
belajar tingkah laku mengemukakan
teorinya bahwa belajar adalah proses interaksi antara stimulus (yang mungkin
berupa pikiran, perasaan, atau gerakan) dan respon (yang juga berupa pikiran,
perasaan, atau gerakan). Jelasnya, menurut Thorndike, perubahan tingkah laku
dapat berwujut sesuatu yang kongret atau dapat diamati. Pengamatan ini dapat
diwujudkan dalam bentuk gerakan yang dilakukan terhadap sesuatu objek yang
dikerjakannya. Seorang guru memberikan perintah kepada siswanya untuk melakukan
kegiatan praktik merupakan “stimulus”, dan siswa dengan menggunakan
pemikirannya, melakukan kegiatan praktik merupakan “respon” yang hasilnya bisa
langsung diamati. Dengan demikian kegiatan belajar yang tampak pada dalam teori
tingkah laku dalam pandangan Thorndike mengatah pada hasil langsung belajar
atau tingkah laku yang ditampilkannya.
No comments:
Post a Comment